Kamis, 14 Mei 2009

Sekolah Pascasarjana Linguistik USU Buka Konsentrasi Baru

Medan – Sumatera Utara memiliki letak yang strategis. Akibatnya, daerah ini mudah dijangkau oleh berbagai pusat perdagangan. Selain itu, daerah ini juga ditetapkan sebagai daerah pertumbuhan segi tiga utara (north growth triangle), yang berdampak pada berbagai kemajuan termasuk dalam bidang bahasa dan linguistik. Tahun ini, Sumatera Utara akan menjadi kawasan AFTA (ASEAN Free Trade Area). Karenanya, diperlukan penelitian-penelitian yang bermutu dengan sumberdaya manusia yang berkualitas, berkemampuan akademik dan profesional termasuk dalam bidang linguistik, terjemahan dan kesusasteraan.

Hal di atas-lah yang mendorong program studi lingustik terus meningkatkan mutu, tata kelola dan tridarma perguruan tinggi termasuk dengan pembukaan konsentrasi baru baik untuk program S-2 maupun S-3. Setelah mendapat akreditasi A dengan SK BAN PT Depdiknas No. 071/BAN-PT/Ak-II/S-2/XI/2003 tanggal 14 November 2003, tahun 2004, prodi ini membuka program doktor (S-3) dengan Konsentrasi Linguistik dan Konsentrasi Wacana Kesusasteraan. Lalu, tahun 2006 dibuka lagi Konsentrasi Analisis Wacana Kesusasteraan dan dan Konsentrasi Linguistik Bahasa Arab. Terakhir, tahun lalu, dibuka pula kosentrasi Linguistik Bahasa Jepang (S-2) dan Kosentrasi Terjemahan (S-2) dan konsentrasi terjemahan (S-3). Untuk itu, pendaftaran mahasiswa baru untuk program S-2 akan dibuka sejak Februari-Juni 2009, sementara program S-3 sejak Agustus-November 2009.

Untuk mencapai tujuan tadi, Ketua Prodi Linguistik, Prof. Tengku Silvana Sinar, M.A., Ph.D di program studi Linguistik (30/1) mengatakan bahwa selain dengan Universitas Negeri Medan, Balai Bahasa Sumut dan Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, saat ini, linguistik USU juga menjalin kerjasama dengan Monash University dan Victoria University. Disamping itu, mereka berkerjasama pula dengan Universiti Malaya Kuala Lumpur dan Nanyang Institute of Education Singapura. Tahun lalu, program doktor linguistik mengirimkan 20 mahasiswa doktor ke berbagai universitas di luar negeri atas biaya dari DIKTI. Mahasiswa yang dikirim tersebut akan mengikuti kuliah, melakukan studi pustaka dan mendapat bimbingan langsung dari para pakar linguistik di luar negeri.

Alumni University of Sydney, Australian ini menambahkan, “Tanggal 13-14 Februari 2009, prodi Linguistik akan mengadakan Pelatihan Aplikasi Program Konkordasi Dalam Penelitian Linguistik Korpus di prodi Linguistik; jl. Sivitas Akademika, Kampus USU, Padang Bulan, Medan dengan pembicara Prof. Bahren Umar Siregar, Ph.D (Guru Besar Lingusitik USU) yang saat ini sebagai dosen di Universitas Atma Jaya.” Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penelitian bagi dosen dan mahasiswa. “Bagi yang ingin mengetahui lebih banyak dan mau mengikuti pelatihan ini, dapat menghubungi nomor panitia pelaksana; T. Rabullah, S.H. (08153155433) dan Putri (061-77398494), atau dengan mengakses langsung situs pascasarjana USU: http://www.usu.ac.id/magister-s-2/93-linguistik.html, jelas Prof. Silvana mengakhiri (Adi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar