Rabu, 29 Juli 2009

Seminar Semiotika Pascasarjana Linguistik USU

Medan (29/7/09)


Setelah sukses menggelar Seminar Internasional USU-UM, program studi Linguistik USU mengadakan seminar nasional semiotika yang berlangsung di Gedung Pascasarjana Linguistik USU, Pusat Bahasa Lt. II, Kampus USU, Medan (29/7).

Dalam laporannya, Drs. Ridwan Hanafiah, S.H., M.A. mengatakan, jumlah peserta yang berfartisifasi dalam kegiatan ini berjumlah 120 orang, yang terdiri atas mahasiswa Departemen Sastra China USU, mahasiswa Program Magister&Doktoral Linguistik USU, serta akademisi yang ada di kota Medan. Dalam seminar tersebut, panitia pelaksana mengundang dua pembicara kunci, yaitu Prof. Tengku Silvana Sinar, Ph.D dan Prof. Awang Sariyan, Penyandang Pertama Kursi Pengajian Melayu China.

Dalam sambutannya, Ketua Program Studi Magister dan Doktoral Linguistik USU menjelaskan, “Saat ini program studi yang dipimpinnya terdapat lima konsentrasi, yaitu program doktor (S-3) dengan Konsentrasi Linguistik dan Konsentrasi Wacana Kesusasteraan. Tahun 2006 dibuka lagi Konsentrasi Analisis Wacana Kesusasteraan dan dan Konsentrasi Linguistik Bahasa Arab. Tahun lalu, dibuka lagi kosentrasi Linguistik Bahasa Jepang (S-2) dan Kosentrasi Terjemahan (S-2) dan konsentrasi terjemahan (S-3),” papar Prof. Silvana, yang juga bertindak sebagai pembicara. Terakhir, acara pembukaan seminar ini ditutup dengan do’a, yang dipimpin Yusradi Usman, mahasiswa Program Magister Linguistik 2008.

Salah satu peserta, Helmita Mufida mengaku senang dengan kegiatan seminar ini. “Melalui seminar ini, saya dapat menambah wawasan saya berkenanaan dengan semiotik, yang sedikit banyaknya berhubungan dengan penelitian yang akan saya lakukan,” sebut Helmita, alumni Departemen Sastra Jepang USU. “Mudah-mudahan, ke depannya Program Studi Magister&Doktoral Linguistik USU dapat memperbanyak kegiatan ilmiah seperti ini,” harap Helmita (***)

1 komentar:

  1. maju terus program pendidikan magister dan doktoral linguistik fak.sastra USU. sekadar usul: alangkah baiknya jika blog "ikatanmahasiswalinguistikusu" ini juga dilink ke kumpulan blog civitas akademika USU. dengan demikian jumlah blog2 bermutu di laman (situs) USU semakin meningkat.

    BalasHapus